Gaya retorika dakwah habib syech di youtube

Handayani, Ivanka Istiqomah (2021) Gaya retorika dakwah habib syech di youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026125_IVANKA ISTIQOMAH HANDAYANI_SKRIPSI LENGKAP.pdf] Text
1701026125_IVANKA ISTIQOMAH HANDAYANI_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Retorika dakwah adalah seni berbicara yang dapat mengajak seseorang kepada jalan Allah sesuai kaidah-kaidah Islam. Penggunaan bahasa saja tidak cukup dalam beretorika, perlu adanya suara dan gerak tubuh untuk membujuk audience, karena bahasa yang indah, suara dan gerak tubuh merupakan akar dari retorika. Penelitian ini terfokus untuk menjawab bagaimana gaya retorika dakwah Habib Syech di youtube. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya retorika dakwah Habib Syech di youtube. Persoalan tersebut diidentifikasi oleh peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis), dengan cara kerja menseleksi data, menentukan unit analisis, menentukan katagori dan analisis data. Penelitian ini mengambil empat video ceramah dan sholawat Habib Syech sebagai objek penelitian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa yang digunakan Habib Syech adalah menurut pemilihan kata yang mengandung unsur bahasa resmi, tidak resmi, dan bahasa percakapan. Gaya suara yang dihasilkan oleh Habib Syech dalam ceramah serta sholawatnya adalah pitch (tekanan) dan pause (jeda) yang digunakan untuk memberikan pemahaman secara mendalam terkait isi dalam ceramahnya, ditambah gerak tubuh dengan sikap badan seorang pendakwah yang tegap, penampilan dan pakaian, ekspresi gerak tangan, serta kontak mata. Hal tersebut berguna sebagai penunjang kegiatan beretorika sehingga pesan dakwah dalam ceramah dan sholawatnya dapat tersampaikan sesuai dengan yang diharapkan oleh da’i maupun mad’u.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Alat Dakwah; Metode Dakwah; Dakwah dan Media
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Aug 2023 01:58
Last Modified: 19 Aug 2023 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics