Manajemen pengembangan penyiaran dakwah Islam radio MBS FM 107.8 melalui podcast di era pandemi Covid 19

Alifa, Ayu Novia Syifa (2021) Manajemen pengembangan penyiaran dakwah Islam radio MBS FM 107.8 melalui podcast di era pandemi Covid 19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026149_Ayu Novia Syifa Alifa_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1701026149_Ayu Novia Syifa Alifa_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penlitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen siaran radio podcast MBS dalam menayangkan program keislaman melalui media baru. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu metode penelitian kualitatif, dengan teknik mengumpulkan data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui manajemen pengembangan melalui podcast di Radio MBS FM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti dari penerapan perencanaan sampai pengawasan penyiaran telah berjalan sesuai perenecanaan tujuan. Pada penerapan (planning) narasumber/ pemateri, materi dakwah, teknik, dan operasional sudah dipersiapkan dengan baik. Sehingga kemampuan anggota untuk mengkondisikan perencanaan strategi dan perencanaan operasional dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan pada penerapan pengorganisasian di Radio MBS FM 107.8 telah menerapkan pembagian atau mengelompokkan aktivitas kerabat anggota dalam satu kesatuan. Artinya dalam menentukan tugas serta tanggungjawab kerabat anggota, menempatkan anggota sesuai keahliannya, dan memberikan wewenang dan tanggungjawab telah berhasil. Penerapan penggerakan di Radio MBS FM 107.8 juga sudah menerapkan produser dan kerabat anggota dengan berhasil. Semua crew anggota dapat melaksanakan tugas dan wewenangnya masing-masing sesuai bagiannya masing-masing. Pada penerapan pengawasan penyiaran di Radio MBS FM 107.8 telah berhasil melakukan pengawasan dengan memonitoring program acara melalui grup Whatsapp. Dalam pengawasan, ketua dibantu dengan wakil yang juga menjadi tempat informasi dari para anggota. Jadi hasil penelitian yang penulis amati bahwa Radio MBS FM 107.8 telah berhasil menerapkan Manajemen Pengembangan Penyiaran Melalui Podcast Di Era Pandemi Covid-19. Namun belum sepenuhnya 100% berhasil, karena masih ada sedikit elemen pada bagian kontennya yang kurang menarik dan bagian trend yang dimana masyarakat lebih suka hiburan dari pada acara keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Alat Dakwah; Metode Dakwah; Dakwah dan Radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:22
Last Modified: 19 Aug 2023 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20648

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics