Pengaruh kualitas informasi keuangan, aksesibilitas laporan keuangan dan sistem pengendalian intern terhadap transparansi pengelolaan keuangan daerah pada pemerintahan Kabupaten Demak

Audina, Ita (2023) Pengaruh kualitas informasi keuangan, aksesibilitas laporan keuangan dan sistem pengendalian intern terhadap transparansi pengelolaan keuangan daerah pada pemerintahan Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705046050_Ita Audina_Lengkap] Text (Skripsi_1705046050_Ita Audina_Lengkap)
1705046050_Ita Audina_Lengkap Tugas Akhir - Ita Audina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas informasi keuangan, aksesibilitas laporan keuangan dan sistem pengendalian intern terhadap transparansi pengelolaan keuangan daerah. Objek pada penelitian ini adalah pemerintahan Kabupaten Demak.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, populasi dalam penelitian ini adalah staf bagian keuangan di SKPD Kabupaten Demak, penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner sebanyak 70 kuesioner, dengan rincian 3 kuesioner tidak kembali, 2 kuesioner tidak dapat diolah dikarenakan ada beberapa poin yang tidak dijawab dengan lengkap termasuk data diri, dan 65 kuesioner bisa diolah. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi keuangan berpengaruh positif serta signifikan terhadap transparansi pengelolaan keuangan daerah, aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap transparansi pengelolaan keuangan daerah, sistem pengendalian intern berpengaruh positif serta signifikan terhadap transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Informasi keuangan; Aksesibilitas; Laporan keuangan; Transparansi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:16
Last Modified: 21 Aug 2023 09:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20664

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics