Pengaruh spiritual dan al-adl (keadilan) pajak terhadap kepatuhan wajib pajak : studi kasus wajib pajak orang pribadi di Kota Semarang

Sirait, Namira Fitria (2022) Pengaruh spiritual dan al-adl (keadilan) pajak terhadap kepatuhan wajib pajak : studi kasus wajib pajak orang pribadi di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046001_Namira Fitria Sirait_Lengkap] Text (Skripsi_1805046001_Namira Fitria Sirait_Lengkap)
1805046001_NamiraFitriaSirait_Lengkap Tugas Akhir - Namira Fitria Sirait.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh tingkat pemahaman pajak, sanksi pajak, kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan religiusitas pada kepatuhan wajib pajak pribadi seseorang. Survei dilakukan di KPP Pratama Jepara dengan menggunakan data primer dan populasi merupakan kewajiban membayar pajak seseorang. Penyebaran kuesioner kepada 105 responden dilakukan sebagai teknik untuk memperoleh data penelitian. Berdasarkan analisis regresi berganda, data akan diolah dan dianalisis melalui SPSS versi 23. Kepatuhan terhadap wajib pajak dipengaruhi oleh sosialisasi dan agama. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa walaupun kesadaran akan wajib pajak, agama dan sosialisasi pajak memengaruhi suatu kepatuhan akan wajib pajak, namun tingkat pemahaman tentang pajak dan sanksi dalam perpajakan tidak memiliki dampak berarti terhadap suatu kepatuhan wajib pajak. Adapun sisa 28,3% akan dipaparkan oleh variabel lainnya diluar metode percobaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Pajak; Sanksi pajak; Wajib pajak; Sosialisasi perpajakan; Religiusitas
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:34
Last Modified: 21 Aug 2023 09:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20665

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics