Analisis hukum Islam terhadap penundaan pembayaran gaji pekerja part time : studi kasus Papaci Coffee,Ngaliyan Square

Ningrum, Indah Widya (2022) Analisis hukum Islam terhadap penundaan pembayaran gaji pekerja part time : studi kasus Papaci Coffee,Ngaliyan Square. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036021_Indah Widya Ningrum] Text (Skripsi_1802036021_Indah Widya Ningrum)
1802036021_INDAH WIDYA NINGRUM_LENGKAP TUGAS AKHIR - Indah Widya ningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bidang bisnis pada saat ini sangat pesat terkhusus bisnis kuliner yang ada di wilayah Ngaliyan, banyak sekali yang membuka usaha Bisnis kuliner Khususnya Papaci Coffee, dalam sebuah bisnis pastilah ada perjanjian kerja yang di buat oleh pemilik usaha dengan karyawannya, perjanjian kerja yang telah disepakati pada awalnya harus dipenuhi sesuai dengan kesepakatan awal. Ada pembisnis yang sangat memperhatikan perjanjian kerja namun banyak juga pembisnis yang melalaikan atau melupakan kesepakatan dalam perjanjian kerja tersebut, contohnya di Papaci Coffee perjanjian kerja yang dibuat salah satunya adalah pembayaran upah yang tepat pada waktunya, namun pada kenyataannya perjanjian tersebut tidak di penuhi oleh pihak majikan Papaci Coffee yakni menunda pembayaran upah karyawan tanpa ada kejelasan yang pasti dari Pemilik Papaci Coffee , penundaan upah tersebut adalah salah satu bentuk melanggar perjanjian kerja .
Analisi hukum Islam terhadap Penundaan Pembayaran Gaji Karyawan Part Time. penulis mengambil jenis penelitian non doctrinal dengan meneliti menggunakan pendekatan yuridis nomatif, untuk mendapat informasi yang akurat dan terpercaya, peneliti mengumpulkam data dengan cara observasi dan wawancara dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah yang pertama sistem pengupahan pekerja part time di Papaci Coffee adalah menggunakan sistem upah harian yang dibayarkan secara perbulan dan yang akan dibayarkan ialah jumlah masuk kerja dalam waktu satu bulan bekerja, jumlah upah yang diterima karyawan juga berbeda-beda setaiap orangnya,upah yang diterima meliputi upah pokok, uang makan, uang transport, uang lembur, dan uang tunjangan hari raya. Dan yang kedua adalah hukum islam terhadap penundaan pembayaran gaji part time di Papaci Coffee adalah diperbolehkan kerena pengusaha mengalami kendala ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19 yang mengakibatkan turunnya omset dari usaha Papaci Coffee dan bukan kerena kelalaian yang disengaja oleh pihak Papaci Coffee.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaji; pekerja part time; tunda gaji
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:42
Last Modified: 22 Aug 2023 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20674

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics