Peran pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam bidang kesehatan di Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat

Ningsih, Uci (2022) Peran pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam bidang kesehatan di Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046009_NABILA_ZAHRANI_PUTRI] Text (SKRIPSI_1801046009_NABILA_ZAHRANI_PUTRI)
FULL NASKAH SKRIPSI NABILA - Nabila Zahraniputri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Bidang Kesehatan Di Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Program Keluarga Harapan salah satu kegiatan yang berfokus pada bidang kesehatan. Salah satu tolok ukur keberhasilan PKH dilakukan dengan adanya peran pendamping yang intensif dan berkelanjutan. Pendampingan dilakukan guna meningkatkan keterampilan hidup masyarakat. Pemdapingan diharapkan mampu membawa perubahan pola pikir masyarakat agar mandiri dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini dilakukan mengetahui peran pendamping program keluarga harapan (PKH) dalam bidang kesehatan di Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat dan mengetahui keberlanjutan adanya peran pendamping program keluarga harapan (PKH) dalam bidang kesehatan yang ada di Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah Fenomenologi. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan Teknik Trianggulasi. Teknik analisis data dilakukan interaktif dengan cara Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat sudah terlihat baik dalam peran perwakilan, teknis sudah dapat dilihat dari perubaham status keluarga penerima manfaat PKH. Pendaping juga berperan sebagai perwakilan keluarga untuk menyampaikan suatu informasi ke Unit Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Kabupaten (UPPKH). pendamping PKH dalam Bidang Kesehatan telah memberikan dampak positif kepada masyarakat. Program ini sudah lebih meningkatkan akses kesehatan bagi peserta penerima manfaat sebagai salah saltu output dari adanya pendampingan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Pendamping; Program Keluarga Harapan (PKH); Kesehatan; Desa Jebus
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:07
Last Modified: 23 Aug 2023 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20698

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics