Peran home industry dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (studi di industri kerajinan kuningan Dusun Ndalem Desa karang kecamatan juwana kabupaten pati)

Fitrianti, Arin (2022) Peran home industry dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (studi di industri kerajinan kuningan Dusun Ndalem Desa karang kecamatan juwana kabupaten pati). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046014_ARIN_FITRIANI] Text (SKRIPSI_1801046014_ARIN_FITRIANI)
1801046014_Arin Fitrianti_Full Skripsi - Arin Fitrianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan kesejahteraan menjadi persoalan di setiap wilayah di Indonesia, karena kemajuan suatu wilayah terlihat dari kesejahteraan masyarakatnya. Kesejahteraan masyarakat dapat dilihat dari tingkat pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, dan wilayah Dusun Ndalem Desa Karang memperlihatkan kondisi yang belum cukup baik. Home industry kerajinan kuningan ikut andil dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran home industry kerajinan kuningan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, 2) Bagaimana hasil home industry kerajinan kuningan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui peran home industry dalam kerajinan kuningan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, 2) Untuk mengetahui hasil home industry kerajinan kuningan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Informasi atau data dalam penelitian ini diperoleh dari dua orang selaku pemilik usaha home industry kerajinan kuningan, delapan orang karyawan home industry kerajinan kuningan dan satu orang tokoh masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Home industry kerajinan kuningan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang Juwana Pati melakukan peran fasilitatif dan peran keterampilan, 2) Hasil home industry kerajinan kuningan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Ndalem Desa Karang Juwana Pati, yaitu membuka lapangan pekerjaan baru, pendapatan masyarakat meningkat, pengeluaran masyarakat terpenuhi, dan meningkatnya kualitas sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Home Industry; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:43
Last Modified: 24 Aug 2023 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20709

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics