Strategi pemberdayaan masyarakat pada wisata pantai indah kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal

Ulum, Dhini Azizatul (2022) Strategi pemberdayaan masyarakat pada wisata pantai indah kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046015_DHINI_AZIZATUL_ULUM] Text (SKRIPSI_1801046015_DHINI_AZIZATUL_ULUM)
1801046015_Dhini Azizatul Ulum_Lengkap Tugas Akhir - Dhini Az.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Desa Jungsemi merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal yang mempunyai pantai yang membentang cukup luas, yang memiliki nama Pantai Indah Kemangi. Salah satu pantai yang letaknya bersebelahan dengan laut utara jawa, oleh karena itu wisata Pantai Indah Kemangi ini merupakan salah satu pantai berpasir hitam di daerah Kendal. Dengan adanya pariwisata oleh pihak-pihak seperti pemerintah yang melibatkan masyarkat dalam mengelola suatu potensi lokal, baik itu potensi alam maupun keanekaragaman budayanya yang semuanya memerlukan penanganan secara menyeluruh.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah :(1) Bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat pada wisata Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat pada wisata Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Knagkung Kabupaten Kendal. Untuk menjawab rumusan masalah diatas, penulis menggunakan penelitian kualitatifdengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan pengumpulan datanya dengan menggunakan Teknik wawancara secara langsung dengan narasumber yang terpercaya, dokumentasi, dan observasi secara langsung di lokasi penelitian. Untuk menganalisis data penulis menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan :(1) Strategi pemberdayaan masyarakat pada wisata Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal melalui tiga tahapan yaitu tahap penyadaran potensi, tahap pengkapasitasan dengan cara pelatihan soft skill, dan tahap pendayaan dalam pengelolaan wisata. (2) Hasil pemberdayaan masyarakat pada wisata Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal yaitu ada perbaikan pendidikan, ekonomi, usaha, dan infrastruktur. Hasil pemberdayaan masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa perekonomian masyarakat meningkat dan dalam peningkatan sosial dan kesejahteraan masyarakat juga bertambahnya ilmu pengetahuan dalam berdagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:10
Last Modified: 24 Aug 2023 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20716

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics