Studi Islam : pendekatan sejarah pengetahuan

Fanani, Muhyar (2018) Studi Islam : pendekatan sejarah pengetahuan. HAJA Mandiri, Ciputat. ISBN 978-623-88639-0-7

[thumbnail of Muhyar - Studi Islam: pendekatan sejarah pengetahuan] Text (Muhyar - Studi Islam: pendekatan sejarah pengetahuan)
Muhyar_Study_Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Buku ini memberikan gambaran bahwa penyebab kemunduran ilmu-ilmu keislaman adalah adanya tirani ilmiah. Tirani ilmiah merupakan besarnya peran penguasa dalam proses pergeseran paradigma suatu ilmu, sehingga persaingan paradigma tidak lagi berjalan secara ilmiah, tapi lebih banyak ditentukan oleh ada atau tidaknya dukungan dari penguasa. Akibatnya, munculnya paradigma terkuat dalam suatu ilmu bukan di- dasarkan pada ketangguhannya dalam mengatasi problematika umat, namun lebih disebabkan karena faktor keberuntungan karena adanya dukungan dari penguasa. Fenomena pergeseran paradigma semacam ini dinamakan pseudo paradigm-shift (pergeseran-paradigma semu). Paradigma tertentu mengalami kejayaan karena disokong oleh para penguasa, bukan karena kemampuannya dalam memberikan solusi atas problematika umat Islam. Akibat kemenangan yang tidak lazim itu, paradigma tersebut mengalami kelumpuhan dalam menghadapi problematika riil umat. Akhirnya, paradigma itu hanya hidup dalam literatur-literatur keislaman, namun sumbangannya bagi kemajuan dunia Islam menjadi sangat minim. Problem kelumpuhan ini telah menjadi salah satu penyebab kemunduran dunia Islam saat ini. Untuk itu, buku ini menawarkan upaya mewujudkan demokrasi ilmiah dan menghindarkan terjadinya tirani ilmiah. Demokrasi ilmiah akan menumbuhkan ilmu pengetahuan. Sementara tirani ilmiah telah menghasilkan pseudo paradigm-shift yang merupakan dampak dari dominannya para penguasa dalam proses paradigm shift baik dalam bentuk pemenjaraan, pembunuhan para tokoh, maupun pendirian lembaga pendidikan yang dijadikan media (corong) sosialisasi oleh penguasa.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Studi Islam; Sejarah pengetahuan; Filsafat Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.01 Philosophy and Theory of Islam
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:11
Last Modified: 24 Aug 2023 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20717

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics