Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) dalam pemberdayaan masyarakat Desa Jambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Batang

Setiyowati, Eva (2022) Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) dalam pemberdayaan masyarakat Desa Jambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SRIPSI_1801046040_EVA_SETIYOWATI] Text (SRIPSI_1801046040_EVA_SETIYOWATI)
1801046040_Eva Setiyowati_Full Skripsi - evaa setiyowati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakagi oleh pemberdayaan masyarakat yang dananya bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), yang mana ditahun ini kurang berjalan dengan baik terlebih pada pelaksanaan program-program pemberdayaan di desa Jambangan dikarenakan masih terdapat faktor-faktor pengmabat dalam proses Alokasi Dana Desa (ADD). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) untuk Pemberdayaan Masyarakat. Serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) untuk Pemberdayaan Masyarakat di desa Jambangan Kecaamatan Bawang Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber dan jenis data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tiga cara melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitin ini juga peneliti terlibat langsung dalam penggalian data dan analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. belum berjalan dengan baik, yang mana dapat dilihat dari kegiatan program pemeberdayaan yang belum terlaksana dengan maksimal. Adapun faktor penghambat dan pendukung Implementasi Alokasi Dana Desa. faktor penghambat yaitu kurangnya SDM pada aparatur desa, nominal yang masih terbilang kecil menyebabkan kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Masih banyak masyarakat yang kurang menaruh perhatian pada proses implementasi alokasi dana desa dalam pemberdayaan masyarakat. Pencairan dan penyaluran yang tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dari awal menyebabkan awal menyebabkan terhambatnya pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan terkhusus kegiatan pemberdayaan masyarakat juga ikut terhambat yang mana seharusnya dapat dilaksanakan secara seimbangan. Sedangkan faktor pendukung dalam Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa yaitu partisipasi dari masyarakat desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Jambangan Kecamatan bawang Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Alokasi Dana Desa (ADD); Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:47
Last Modified: 24 Aug 2023 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20720

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics