Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknologi informatika di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes

Baharsyah, Angga Anugrah Putra (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknologi informatika di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046061_ANGGA_ANUGRAH] Text (SKRIPSI_1801046061_ANGGA_ANUGRAH)
1801046061_Angga Anugrah_Full Skripsi - angga Baharsyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Teknologi Informatika adalah satu kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam pembangunan dan pertumbuhan kualitas sumber daya manusia agar tercipta masyarakat yang terampil. PKBM Tunas Perjuangan merupakan satu wadah bagi masyarakat untuk memberdayakan masayarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini : 1). Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknologi informatika di PKBM Tunas Perjuangan Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. 2). Bagaimana perubahan peserta didik pasca pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknologi informatika di PKBM Tunas Perjuangan Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknologi informatika di PKBM Tunas Perjuangan Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dan melihat perubahan pasca pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknologi informatika di PKBM Tunas Perjuangan Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.
Hasil penelitian ini menunjukan : pertama, proses pemberdyaan masyarakat melalui pelatihan teknologi informatika di PKBM Tunas Perjuangan Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, melalui tahap : 1). Sosialisasi, 2). Pelaksanaan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat, 3). Evaluasi. Kedua, dari proses pemberdayaan yang dilakukan oleh PKBM Tunas Perjuangan, memperoleh Perubahan peserta pasca pemberdayaan : 1). Meningkatkan sumber daya manusia, 2). Mensejahterakan peserta didik, 3). Menciptakann kreatifitas dan kemandirian peserta didik PKBM Tunas Perjuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; pelatihan teknologi informatika; PKBM Tunas Perjuangan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:56
Last Modified: 25 Aug 2023 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics