Pengaruh persepsi kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada masa pandemi covid-19 : studi pada UMKM di Kabupaten Rembang

Khasanah, Uswatun (2023) Pengaruh persepsi kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada masa pandemi covid-19 : studi pada UMKM di Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046056_Uswatun Khasanah_Lengkap] Text (Skripsi_1805046056_Uswatun Khasanah_Lengkap)
1805046056_Uswatun Khasanah_Lengkap Tugas Akhir - Uswatun Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 memberi imbas terhadap aktivitas ekonomi serta produktivitas para pelaku usaha, dimana UMKM merupakan pelaku usaha yang paling terdampak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada masa pandemi covid-19 (studi pada UMKM di Kabupaten Rembang). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data yang digunakan berupa data primer dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku UMKM di Kabupaten Rembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wajib pajak tentang kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rembang pada masa pandemi covid-19. Sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rembang pada masa pandemi covid-19. Sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rembang pada masa pandemi covid-19. Kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan sanksi pajak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rembang pada masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: UMKM; Wajib pajak; Sosialisasi perpajakan; Sanksi pajak; Kepatuhan wajib pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Aug 2023 03:49
Last Modified: 26 Aug 2023 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics