Analisis perbandingan kinerja keuangan sebelum dan saat pandemi covid-19 pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2018 – 2021

Karuniawan, Indra (2023) Analisis perbandingan kinerja keuangan sebelum dan saat pandemi covid-19 pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2018 – 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046085_Indra Karuniawan_Lengkap] Text (Skripsi_1805046085_Indra Karuniawan_Lengkap)
1805046085_Indra Karuniawan_Tugas Akhir - Indra Karuniawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Terjadinya fenomena pandemi covid-19 telah memberikan dampak terhadap menurunya perekonomian. Berbagai sektor perusahaan telah terkena dampak negatif pada saat masa pandemi, terutama pada sekelompok perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index dimana sebagian besar perusahaan telah mengalami penurunan laba pada saat masa pandemi covid-19.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara sebelum dan saat pandemi covid-19 pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2018 – 2021. Rasio yang digunakan dalam mengukur kinerja keuangan adalah rasio likuiditas (current ratio), rasio solvabilitas (debt to asset ratio dan debt to equity ratio), rasio aktivitas (working capital turnover dan total asset turnover,) dan rasio profitabilitas (return on equity). Jenis dari penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 45 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan uji statistik deskriptif, uji normalitas dan kemudian dilakukan uji beda menggunakan paired sample t-test dan wilcoxon signed rank test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan yang diukur menggunakan current ratio, debt to asset ratio, debt to equity ratio, working capital turnover dan return on equity antara sebelum dan saat pandemi covid-19 pada perusahaan yang terdaftar di JII. Sedangkan, terdapat perbedaan kinerja keuangan yang diukur menggunakan total asset turnover antara sebelum dan saat pandemi covid-19 pada perusahaan yang terdaftar di JII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Kinerja keuangan; Rasio keuangan; JII
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Aug 2023 04:33
Last Modified: 26 Aug 2023 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics