Tinjauan hukum ekonomi Islam terhadap transaksi traktiran pengguna baru di platform Tokopedia

Rodiyanto, Mohamad Hani (2023) Tinjauan hukum ekonomi Islam terhadap transaksi traktiran pengguna baru di platform Tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Sskripsi_1902036079_Mohamad_Hani_Rodiyanto] Text (Sskripsi_1902036079_Mohamad_Hani_Rodiyanto)
1902036079_Mohamad Hani Rodiyanto_Full Skripsi - 6079 Mohamad Hani Rodiyanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Praktik promo traktiran belanja gratis pada aplikasi tokopedia merupakan promo yang ditawarkan oleh Tokopedia kepada pengguna barunya sehingga dapat menarik pengguna lain untuk menggunakan aplikasi Tokopedia. Namun, Tokopedia tidak mencantumkan syarat dan ketentuan yang seharusnya dipenuhi pada promo traktiran pengguna baru. Sehingga tidak ada kesepakatan diawal untuk membayar pengiriman, tetapi pengguna baru harus tetap membayar pengiriman agar bisa mendapatkan barang. Pada promo ini Tokopedia membatalkan pesanan secara sepihak tanpa adanya informasi sebelumnya.
Berdasarkan latar belakang yang telah di jelaskan diatas, maka penulis dapat menyusun rumusan masalah yang akan menjadi pembahasan dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana perlindungan konsumen terhadap promo traktiran pengguna baru? Bagaimana tinjauan hukum ekonomi Islam terhadap promo traktiran pengguna baru dengan membayar biaya pengiriman di platfrom Tokopedia? Penelitian ini merupakan penelitian normatif empiris dengan pendekatan yuridis empiris yang bersumber data data primer dan sekunder dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk menguraikan hasil penelitiannya.
Penelitian ini menghasilkan bahwa perlindungan konsumen terhadap promo traktiran pengguna baru menurut pasal 4 hurf c undang-undang perlindungan konsumen. konsumen berhak mendapat informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
Praktik transaksi fitur promo traktiran pengguna baru dengan mekanisme mengisnstal aplikasi untuk mendapatkan barang secara gratis dalam aplikasi Tokopedia selama tidak melanggar rukun dan syarat dalam akad ju’a>lah hukumnya diperbolehkan dalam perspektif hukum ekonomi Islam. Adapun ketentuan untuk tetap membayar biaya pengiriman yang dibebankan kepada pengguna baru agar barang dapat sampai ke alamat penerima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ju’alah' promosi; hukum ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:37
Last Modified: 28 Aug 2023 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20814

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics