Tinjauan hukum islam terhadap praktik upah jasa plasma ikan cupang : studi kasus di sentra budidaya ikan cupang Nuzaik BettaGenetict Kabupaten Pekalongan

Rifqi, Muhammad (2023) Tinjauan hukum islam terhadap praktik upah jasa plasma ikan cupang : studi kasus di sentra budidaya ikan cupang Nuzaik BettaGenetict Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036078_Muhammad_Rifqi] Text (Skripsi_1902036078_Muhammad_Rifqi)
1902036078_Muhammad_Rifqi_Full_Skripsi-1[1] - Rif qi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ijarah adalah akad muamalah tentang sewa dan jasa. Plasma ikan cupang terdapat unsur ijarah yaitu sewa dan jasa. Plasma artinya, menyewa jasa breeding (pengkawinan) ikan. Nuzaik BettaGenetict adalah farm (tempat) yang membuka jasa plasma. Upah plasma ditentukan oleh pemilik berdasarkan perawatan indukan hingga banyaknya jumlah benih menetas dan siap dipanen. Namun, persoalanya yaitu upah dibayaran diakhir tanpa memberikan rincian biaya dari pemilik farm. Jadi, transaksi dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik atau customer karena jumlah upah tidak jelas nilainya.
Rumusah masalah penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana praktik upah jasa plasma ikan cupang di sentra budidaya ikan cupang Nuzaik BettaGenetict Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik upah jasa plasma ikan cupang di sentra budidaya ikan cupang Nuzaik BettaGenetict Kabupaten Pekalongan? Adapun pendekatan penelitian ini adalah yuridis empiris, jenis penelitian normatif empiris, menggunakan analisis data kualitatif, dan metode pengumpulan data wawancara dan observasi.
Berdasaran penelitian, dapat disimpulkan praktik upah jasa plasma ikan cupang di Nuzaik BettaGenetict dalam hukum islam belum sesuai dalam rukun akad ijarah yang tidak terpenuhi yaitu ujrah yang tidak jelas nilai upahnya (samar). Jadi, tidak boleh dikerjakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ijarah; jasa plasma; cupang
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:26
Last Modified: 28 Aug 2023 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20815

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics