Praktik pump and dump pada perdagangan saham third liner Bursa Efek Indonesia ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah

Rahman, Lukman Imana (2023) Praktik pump and dump pada perdagangan saham third liner Bursa Efek Indonesia ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036088_Lukman_Imana_Rahman] Text (Skripsi_1902036088_Lukman_Imana_Rahman)
1902036088_Lukman Imana Rahman_Tugas Akhir - 6088 Lukman Imana Rahman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu instrumen pasar modal yang sedang marak saat ini yaitu saham. Hal itu terbukti dengan terus bertambahnya jumlah investor hingga 4.002.289 investor. Maraknya instrumen ini bermula sejak awal pandemi COVID 19, yang pada saat itu terdapat kebijakan PPKM dan PSBB sehingga membatasi masyarakat untuk melakukan mobilitas di luar rumah terutama dalam bekerja. Dengan dalih tidak adanya pemasukan pada saat pandemi, masyarakat mulai menemukan peluang untuk mencari pendapatan melalui bursa saham. Peluang tidak hanya didapatkan oleh para masyarakat, namun juga bagi para oknum untuk menjebak orang-orang yang baru terjun di bursa saham, salah satunya dengan praktik pump and dump.
Permasalahannya adalah, bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap praktik Pump And Dump di pasar saham. Penelitian ini termasuk penelitian normatif empiris, menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus yang terdapat pada pasar saham di Indonesia saat ini yang dianalisis oleh peneliti berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskkan menggunakan perpaduan bahan hukum, baik primer, sekunder maupun tersier. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara semi terstruktur, observasi partisipatoris, dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan satu temuan. Yaitu praktik Pump and Dump yang terjadi dalam saham dan instrumen pasar modal lainnya dalam perspektif hukum ekonomi syariah pada dasarnya telah memenuhi syarat dan rukun jual beli. Namun terdapat unsur terlarang dalam jual beli tersebut yaitu adanya indikasi pengelabuan berupa najasy dan ikhtikar dalam praktik tersebut yang dapat merugikan pelaku pasar lainnya, sehingga mengakibatkan berubahnya hukum transaksi tersebut dari halal menjadi haram.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pump and dump; saham; jual beli; najasy
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 29 Aug 2023 10:46
Last Modified: 29 Aug 2023 10:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics