Analisis pemenuhan standar sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang

Ma’ruf, Ahmad Wahri (2022) Analisis pemenuhan standar sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803036064_Ahmad Wahri Ma_ruf_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1803036064_Ahmad Wahri Ma_ruf_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kelengkapan sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. 2) Upaya pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan Sarana dan Prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi data dan analisis data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kelengkapan sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang untuk keseluruhan sudah sesuai dengan Permendiknas Nomer 24 Tahun 2007. Akan tetapi ada yang perlu dilengkapi prasarana sekolah yang belum terpenuhi dan terutama dibagian ruang laboratorium IPA masih banyak kekurangan. (2) Faktor-faktor dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang yaitu: a) Faktor pendukung antara lain: Yayasan yang mendukung setiap kebijakan dari sekolah selama itu untuk kepentingan sekolah, tenaga kependidikan sangat membantu pekerjaan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dan memiliki anggaran yang besar. b) Faktor penghambat antara lain: kurangnya memiliki rasa tanggung jawab dan berkomunikasi kepada pihak pengelola, kurang maksimal dalam melobi yayasan, dan tidak ada post dalam 1 tahun kedepan. (3) Upaya pemenuhan standar sarana dan prasarana di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang antara lain: memprioritaskan kebutuhan, sarana dan prasarana yang ada dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan mengadakan rapat kerja untuk 1 tahun kedepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sekolah Menengah; Fasilitas Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:16
Last Modified: 30 Aug 2023 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics