Pengelolaan perpustakaan berbasis automasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak

Muna, Nailul (2022) Pengelolaan perpustakaan berbasis automasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803036100_Nailul Muna_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1803036100_Nailul Muna_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan perpustakaan berbasis automasi memiliki peran yang penting dalam meningkatkan layanan perpustakaan. Perpustakaan lahir sebagai lembaga yang diharpakan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat, harus mampu mengikuti perubahan teknologi yang ada pada saat ini, mengingat bahwa masyarakat sudah mengenal perubahan teknologi yang mana hal tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pencarian informasi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan berbasis automasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. 2) Mengetahui Implikasi pengelolaan perpustakaan berbasis automasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dan kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah semua bentuk pengumpulan data. Data yang diperoleh dan diteliti secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan dilanjutkan dengan kesimpulan. Triangulasi teknik dan sumber digunakan oleh peneliti untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan perpustakaan berbasis automasi dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan kegiatan pengelolaan perpustakaan berbasis automasi, secara umum kegiatan pengelolaan perpustakaan adalah melakukan pengembangan layanan perpustakaan. Implikasi dari pengelolaan perpustakaan berbasis automasi dengan menerapkan aplikasi atau software INLISLITE mampu meningkatkan layanan perpustakaan serta mampu meningkatkan efektifitas kegiatan perpustakaan. Kesimpulannya adalah pengelolaan perpustakaan berjalan dengan lancar sesuai standar nasional perpustakaan dengan menerapkan automasi perpustakaan untuk menjadikan kegiatan layanan perpustakaan lebih efektif dan efisien. Penulis menyarankan untuk dapat terus mengembangkan dan mengenalkan aplikasi iDemak karena aplikasi tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi pemustaka warga Demak yang mungkin jauh dari jangkauan lokasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan; Pengelolaan Perpustakaan; Perpustakaan Umum
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 027 General libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Sep 2023 02:14
Last Modified: 02 Sep 2023 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics