Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan : studi kasus pada organisasi pengelola zakat di Kota Semarang

Qothrunnada, Anita (2022) Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan : studi kasus pada organisasi pengelola zakat di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046101_Anita Qothrunnada_Lengkap] Text (Skripsi_1805046101_Anita Qothrunnada_Lengkap)
1805046101_Anita Qothrunnada_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Organisasi Pengelola Zakat di Kota Semarang, dengan tujuan penelitian untuk menguji dan mengetahui apakah Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Internal berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pada studi kasus Organisasi Pengelola Zakat di Kota Semarang. Dan juga penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap laporan keuangan. Suatu laporan dikatakan berkualitas apabila laporan keuangan tersebut dapat memberikan informasi kepada para penggunanya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penenlitian ini adalah organisasi pengelola zakat di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengguanakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh hasil pengambilan sampel sebanyak lima responden untuk setiap populasi yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk kualifikasinya sendiri adalah : Pimpina, Bagian Keuangan, dan Pendistribusia.
Hasil penelitian ini menunjukan hasil bahwa kompetensi sumber daya manusia secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, dan pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, dan pengendalian internal berpengaruh positif terhsadap kualitas laporan keuangan. Sehingga kompetensi sumber daya manusai, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian internal berpengaruh positif secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Sumber daya manusia; Teknologi informasi; Pengendalian internal; Laporan Keuangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Sep 2023 02:29
Last Modified: 02 Sep 2023 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics