Pengaruh kebijakan budaya disiplin terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Kendal

Karisa, Yuniar Dewi (2022) Pengaruh kebijakan budaya disiplin terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803036118_Yuniar Dewi Karisa_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1803036118_Yuniar Dewi Karisa_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pondasi dalam terbentuknya generasi emas. Disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang perlu dikembangkan. Karakter disiplin sangat penting dimiliki agar kemudian muncul karakter positif lainnya. Permasalahan yang sering ditemui di lingkungan sekolah adalah terjadinya ketidakdisiplinan siswa dalam mengikuti tata tertib yang berlaku di sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, XII dan XIII dari SMK Negeri 1 Kendal. Pengambilan sampel berjumlah 94 peserta didik diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling berupa Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kebijakan budaya disiplin yang ada di SMK Negeri 1 Kendal terintegrasi ke dalam tata tertib sekolah, (2) Kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Kendal cukup relatif baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya responden yang menjawab sering dan sangat sering disetiap butir pernyataan, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kebijakan budaya disiplin terhadap kedisiplinan siswa sebesar 38,1% dan sisanya 61,9% dipengaruhi faktor lain diluar model. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Sekolah hendaknya dapat mengoptimalkan sosialisasi tata tertib, pengawasan penerapan kebijakan budaya disiplin, tindak lanjut penanganan pelanggaran tata tertib, serta evaluasi kebijakan budaya disiplin di SMK Negeri 1 Kendal dengan sebaik mungkin agar tujuan sekolah dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disiplin Siswa; Kedisiplinan; Aktifitas Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Sep 2023 02:53
Last Modified: 02 Sep 2023 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20925

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics