Korelasi antara pola asuh permisif orangtua dengan disiplin shalat Jum’at pada siswa SMK Negeri 1 Semarang

Abdul Hakim, Muhammad Imaduddin (2022) Korelasi antara pola asuh permisif orangtua dengan disiplin shalat Jum’at pada siswa SMK Negeri 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1607016073_Muhammad_Imaduddin_Abdul_Hakim] Text (Skripsi_1607016073_Muhammad_Imaduddin_Abdul_Hakim)
Skripsi_1607016073_Muhammad_Imaduddin_Abdul_Hakim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada kegiatan shalat Jum’at, setiap orang memiliki perilaku disiplin dalam melaksanakannya. Disiplin tersebut meliputi aspek peraturan, hukuman, penghargaan dan konsistensi. Pola asuh permisif orangtua merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku disiplin pada seseorang. Adapun aspek seperti kontrol terhadap anak kurang, pengabaian keputusan, orangtua bersifat masa bodoh, pendidikan bersifat bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Korelasi antara Pola Asuh Permisif Orangtua dengan Disiplin Shalat Jum’at pada siswa SMK Negeri 1 Semarang. Sampel dalam penelitian ini 80 siswa kelas XII SMK N 1 Semarang. Alat ukur yang digunakan meliputi skala pola asuh perimisif orangtua, dan skala disiplin shalat jum’at. Metode yang digunakan kuantitatif, dengan analisis korelasional. Teknik pengambilan data menggunakan Purposive Sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi Spearman rho dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil dalam penelitian ini terdapat hubungan negatif yang signifikansi sebesar 0.007 dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0.300. Dengan kata lain, hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan negatif antara pola asuh permisif orangtua dengan disiplin shalat Jum’at diterima. Arah hubungan yang negatif dapat diartikan bahwa semakin tinggi pola asuh permisif yang dimiliki orangtua maka semakin rendah disiplin sholat Jum’at pada siswa. Sebaliknya semakin rendah pola asuh permisif yang dimiliki orangtua maka semakin tinggi disiplin shalat Jumat pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Orang tua; Perimisif; Disiplin; Shalat Jum’at; Siswa SMK
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:41
Last Modified: 04 Sep 2023 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics