Pengaruh profesional auditor, time budget pressure, dan independensi terhadap kualitas audit : studi kasus pada auditor di KAP Kota Semarang

Nurlaila, Nurlaila (2023) Pengaruh profesional auditor, time budget pressure, dan independensi terhadap kualitas audit : studi kasus pada auditor di KAP Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905046010_Nurlaila_Lengkap] Text (Skripsi_1905046010_Nurlaila_Lengkap)
1905046010_Nurlaila_Skripsi - nur laila6010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini yaitu masih rendahnya kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik. Disebabkan karena terjadi ketimpangan antara kapasitas akuntansi dan kapasitas syariah. Hal tersebut dapat dilihat pada sumber daya manusia (SDM) yang masih sangat rendah. Kini publik mulai meragukan kualitas hasil audit, terlihat dari semakin maraknya skandal yang melibatkan pihak auditor. Hal ini karena terdapat tanda-tanda bahwa auditor dan pihak yang diaudit bekerja sama mengubah laporan keuangan. Akibatnya, kualitas audit tidak dapat dipercaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor kualitas audit yaitu profesional auditor, time budget pressure, dan independensi terhadap optimalisasi kualitas audit pada kantor akuntan publik studi kasus pada auditor di KAP Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sample yaitu purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian diolah menggunakan perogram SPSS. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2022 sampai dengan 14 desember 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah Pada auditor di KAP Kota Semarang. Peneliti mengambil sample sebanyak 62 responden. Metode analisis data yang diguakan yaitu uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesional audior berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas audit. Serta independensi berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas audit. Namun time budget pressure tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kualitas audit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profesional auditor; Time budget pressure; Independensi; Kualitas audit
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:40
Last Modified: 04 Sep 2023 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20966

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics