Efikasi diri pada pemulung dalam pemenuhan kebutuhan keluarga di Kecamatan Kandangan Temanggung

Al Hawari, Muhammad Atiqul Jumhur (2022) Efikasi diri pada pemulung dalam pemenuhan kebutuhan keluarga di Kecamatan Kandangan Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016037_Muhammad_Atiqul_Jumhur_Al_Hawari] Text (Skripsi_1707016037_Muhammad_Atiqul_Jumhur_Al_Hawari)
Skripsi_1707016037_Muhammad_Atiqul_Jumhur_Al_Hawari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Efikasi diri adalah kepercayaan akan kemampuan yang dimiliki individu untuk melakukan suatu tindakan dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi, tugas yang dimilikinya serta melakukan tindakan yang diperlukan dalam situasi tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efikasi diri dan faktor yang memengaruhi efikasi diri pada pemulung dalam pemenuhan kebutuhan keluarganya di Kecamatan Kandangan Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis interpretatif (IPA). Subjek dalam penelitian ini adalah pemulung laki-laki dan perempuan yang sudah memiliki keluarga berjumlah 4 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara semitersetruktur dan observasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis IPA. Hasil temuan penelitian menggambarkan terdapat sebagian pemulung memiliki efikasi diri yang tinggi, karena cenderung memiliki pemikiran keberhasilan dalam pemenuhan kebutuhan, memiliki motivasi yang kuat, ulet dan teguh dalam melakukan tugas dan akan menghadapi aktivitas diluar kemampuan. Adapun faktor yang memengaruhi yaitu pengalaman keberhasilan dimasa lalu, modeling dengan memperhatikan keberhasilan orang lain dan dukungan dari keluarga.

ABSTRACT:
Self-efficacy is the belief in the ability of the individual to take an action in overcoming the obstacles faced, the tasks he has and take the necessary actions in certain situations. The purpose of this study was to determine how self-efficacy and the factors that influence self-efficacy of scavengers in meeting the needs of their families in Kandangan District, Temanggung. This research is a type of qualitative research with an interpretive phenomenological approach (IPA). The subjects in this study were male and female scavengers who already had a family of 4 people. Collecting data using semi-structured interviews and observation. The results of the study were analyzed using IPA analysis. The research findings illustrate that there are some scavengers who have high self-efficacy, because they tend to have thoughts of success in meeting needs, have strong motivation, are tenacious and steadfast in carrying out tasks and will face activities beyond their abilities. The influencing factors are past experience of success, modeling by paying attention to the success of others and support from family.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri; Pemulung; Pemenuhan kebutuhan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:52
Last Modified: 04 Sep 2023 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20968

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics