Analisis pengaruh skeptisme profesional, profesionalisme, independensi dan pengetahuan audit terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan

Rabih, Hui Aminu (2023) Analisis pengaruh skeptisme profesional, profesionalisme, independensi dan pengetahuan audit terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905046014_Hui Aminu Rabih_Lengkap] Text (Skripsi_1905046014_Hui Aminu Rabih_Lengkap)
1905046014_Hui Aminu Rabih_Full Skripsi - Hui Aminu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini kasus yang berhubungan dengan tindak kecurangan semakin banyak terjadi disekitar kita, terutama yang berhubungan dengan laporan keuangan. Oleh karena itu, pandangan masyarakat terhadap pekerjaan auditor yang memiliki tugas untuk mendeteksi ada atau tidaknya tindak kecurangan dalam suatu laporan keuangan mulai menurun dan diragukan. Dengan demikian, opini yang diberikan oleh auditor terhadap laporan keuangan juga ikut diragukan dan dipertanyakan. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skeptisme profesional, profesionalisme, independensi dan pengetahuan audit terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan.
Sampel yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu data primer dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan kuesioner yang terkumpul sebanyak 52 kuesioner. Pengolahan data pada penelitian kali ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa skeptisme profesional, independensi dan pengetahuan audit berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Sedangkan, untuk profesionalisme tidak berpengaruh terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Skeptisme; Profesional; Independensi; Audit; Auditor; Kecurangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:54
Last Modified: 04 Sep 2023 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics