Pengaruh partisipasi dan pengawasan masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Brakas Kecamatan Dempet Kabupaten Demak

Naim, Ainun (2023) Pengaruh partisipasi dan pengawasan masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Brakas Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905046026_Ainun Naim_Lengkap] Text (Skripsi_1905046026_Ainun Naim_Lengkap)
1905046026_Ainun Naim_Full Skripsi - Ainun Naim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pada hakekatnya, anggaran yang diberikan oleh pemerintah kepada desa harus digunakan dan dialokasikan sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Untuk itu, sebagai upaya mendukung terwujudnya pembangunan desa yang sesuai dengan kebutuhan mensejahterakan masyarakat, diperlukan peran serta setiap bagian dari desa itu sendiri, seperti halnya partisipasi dan pengawasan dari masyarakat. Partisipasi merupakan suatu proses keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pemerintahan yang bertujuan memberikan saran dan masukan, serta mengevaluasi kinerja pemerintah sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan arah kebijakan yang akan dibuat. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah adanya pengawasan masyarakat terhadap pengelolaan dana desa. Masyarakat memiliki peranan strategis untuk mengawasi realisasi pengelolaan dana desa supaya tidak diselewengkan. Mengingat dana desa yang diberikan oleh pemerintah jumlahnya adalah cukup besar maka diperlukan mekanisme berupa pengawasan masyarakat supaya dana tersebut digunakan sesuai dengan peruntukannya yakni untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.
Sampel penelitian ini adalah masyarakat desa Brakas yang berumur 17 keatas atau sudah mempunyai hak pilih dengan sampel sebanyak 100. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian data menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisi menunjukan variabel partisipasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan nilai signifikan akuntabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan variabel Pengawasan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan nilai signifikan akuntabilitas sebesar 0,054 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Pengawasan dana; Akuntabilitas; Pengelolaan dana desa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:43
Last Modified: 04 Sep 2023 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics