Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDEs) Desa Karangmoncol, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang

Umadun, Bekti Ilyani (2023) Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDEs) Desa Karangmoncol, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905046038_Bekti Ilyani Umadun_Lengkap] Text (Skripsi_1905046038_Bekti Ilyani Umadun_Lengkap)
1905046038_Bekti Ilyani Umadun_Full Skripsi - Bekti Ilyani Umadun UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Berkembangnya pengelolaan keuangan pada sektor publik khusunya pada pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa dengan jumlah uang yang tidak sedikit harus dilaksakan dengan prinsip akuntabel, keterbukaan dan disiplin anggaran. Pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan berdasarkan peraturan pemerintah yang berlaku sehingga dalam pelaksanaannya tidak menyeleweng dari apa yang sudah ditentukan. Maka dari itu pemerintah membuat Aplikasi Siskeudes dan OM-SPAN sebagai sarana untuk pengelolaan dan pertanggung jawaban baik APBDes atau Dana Desa kepada pemerintah pusat maupun kepada masyarakat.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana dilakukan untuk menggambarkan suatu keadan pada waktu sekarang atau waktu yang sedang berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Akuntabilitas dan Transparansi pemerintah Desa Karangmoncol dalam melakukan pengelolaan keuangan desa.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Akuntabilitas pelaksanaan pengelolaan keuangan Desa Karangmoncol sudah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, namun dalam hal Transparansi pengeloloaan pemerintah desa masih kurang karena dalam hal ini pemerintah hanya memasang baik Program kerja dan Realisasi Anggaran di Balai Desa dan belum mempunyai sarana media sosial untuk membagikan informasi kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di Desa Karangmoncol juga terdapat faktor yang menjadi pendukung berjalannya proses pemerintahan dan juga ada yang menjadi pengahambat di dalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: APBDes; Akuntabilitas; Transparansi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:55
Last Modified: 04 Sep 2023 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20976

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics