Pengaruh pengendalian internal, laporan keuangan dan religiositas terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa : studi kasus di pemerintahan desa se-Kecamatan Pucuk dan Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan

Alkharis, Fuad (2023) Pengaruh pengendalian internal, laporan keuangan dan religiositas terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa : studi kasus di pemerintahan desa se-Kecamatan Pucuk dan Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905046039_Fuad Alkharis_Lengkap] Text (Skripsi_1905046039_Fuad Alkharis_Lengkap)
1905046039_FUAD ALKHARIS_Full Skripsi - Mfuad Alkharis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Semakin meningkatnya anggaran dana desa dari tahun ketahun tidak luput dari tindakan fraud dalam pengelolaan dana desa oleh aparatur desa, puncakya pada tahun 2021 yang menjadikan tindak pidana korupsi paling terbanyak dianugrahkan kepada perangkat desa. Sehingga itulah perlu adanya pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal, laporan keuangan dan religiositas terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 34 kepala desa di Kecamatan Pucuk dan Kecamatan Modo dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda IBM SPSS 25.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa. Variabel laporan keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa. Dan variabel religiositas tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa. Namun jika secara simultan pengendalian internal, laporan keuangan dan religiositas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengendalian internal; Laporan keuangan; Religiositas; Pencegahan Fraud; Pengelolaan dana desa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:04
Last Modified: 04 Sep 2023 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics