Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, dan nilai religiusitas terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di kantor samsat Semarang

Dewi, Reza Resita Tungga (2023) Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, dan nilai religiusitas terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di kantor samsat Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905046049_Reza Resita Tungga Dewi_Lengkap] Text (Skripsi_1905046049_Reza Resita Tungga Dewi_Lengkap)
1905046049_Resa Resita Tungga Dewi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan WP kendaraan bermotor di kabupaten Rembang dengan menggunakan beberapa variabel bebas yaitu kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, dan Nilai religiusitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, dan nilai religiusitas terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Rembang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Kemudian data diolah menggunakan SPSS. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan populasi wajib pajak kendaraan bermotor dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa variabel kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Rembang. Untuk variabel sanksi perpajakan dan nilai religiusitas tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Rembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wajib pajak; Pajak; Sanksi pajak; Nilai religiusitas
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:29
Last Modified: 05 Sep 2023 01:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20980

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics