Peran perangkat desa dalam akuntabilitas dana desa : studi kasus di Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang

Ariyanti, Lilis (2023) Peran perangkat desa dalam akuntabilitas dana desa : studi kasus di Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905046062_Lilis Ariyanti_Lengkap] Text (Skripsi_1905046062_Lilis Ariyanti_Lengkap)
1905046062_Lilis Ariyanti_Full Skripsi - Lilis Ariyanti UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan sektor publik di Indonesia saat ini semakin menguatnya tuntutan pelaksanaan akuntabilitas publik dan transparansi dalam pemerintahan dan politik, khususnya bidang keuangan merupakan konsekuensi yang perlu diselesaikan saat memasuki paradigma otonomi. Pengelolaan keuangan desa yang akuntabel merupakan pengelolaan yang harus bisa dipertanggungjawabkan dari kegiatan perencanaan, anggaran, pengelolaan, dan pelaporan keuangan. Tercapainya akuntabilitas merupakan tujuan utama dari sektor publik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dilakukan guna memperoleh gambaran mengenai suatu keadaan yang terjadi pada masa sekarang ataupun masa yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perangkat desa dalam akuntabilitas dana desa di Desa Kedungringin dalam mewujudkan kualitas akuntabilitas keuangan desa dalam terwujudnya akuntabilitas desa.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun 2021 secara keseluruhan dapat dikatakan berperan. Hal ini dibuktikan dengan perangkat desa yang telah melaksanakan setiap tugas-tugasnya dalam mengelola dana desa di desa Kedungringin dengan baik, walau dalam beberapa tugasnya yang dilakukan oleh perangkat desa lainnya dikarenakan kurangnya pemahaman perangkat desa tersebut. Seperti dalam pembuatan dan penyusunan design bangunan dan RAB (rencana anggaran biaya) yang seharusnya dibuat oleh pelaksana teknis atau kaur pembangunan tetapi dibuat oleh tenaga ahli bantuan dari Kecamatan dan sekretaris desa. Dengan demikian, diperlukannya peningkatan kualitas pengetahuan dan keahlian perangkat desa guna meningkatkan kinerja perangkat desa dalam Pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perangkat desa; Akuntabilitas; Dana desa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:41
Last Modified: 05 Sep 2023 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20983

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics