Analisis pengaruh kompetensi amil, akuntabilitas, due professional care, penerapan PSAK 109, dan sistem akuntansi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan : studi empiris pada Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jawa Tengah

Suciati, Eqi (2023) Analisis pengaruh kompetensi amil, akuntabilitas, due professional care, penerapan PSAK 109, dan sistem akuntansi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan : studi empiris pada Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046073_Eqi Suciati_Lengkap] Text (Skripsi_1905046073_Eqi Suciati_Lengkap)
1905046073_Eqi Suciati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Akuntansi merupakan instrumen sangat penting pada lembaga keuangan syari’ah sebagai pertimbangan pengambilan keputusan yang tersaji pada laporan keuangan. Dalam hal ini kualitas laporan keuangan harus memiliki standar kualitas tinggi untuk mencapai visi dan misi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi amil, akuntabilitas, due professional care, penerapan PSAK 109, dan sistem akuntansi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan studi empiris pada Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data yang didapat dalam penelitian ini kemudian diolah menggunakan program SPSS. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2022 sampai dengan 23 Januari 2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan amil pada Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jawa Tengah. Peneliti mengambil sampel sebanyak 51 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Serta due professional care berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Selain itu penerapan PSAK 109 juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Sistem akuntansi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Namun kompetensi amil berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi amil; Akuntabilitas; PSAK 109; Akuntansi keuangan; Kualitas laporan; LAZISMU
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:12
Last Modified: 11 Sep 2023 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20984

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics