Pendidikan agama islam pada anak penyandang autis di SLB Banjarnegara

Laela, Dea Serlifia (2023) Pendidikan agama islam pada anak penyandang autis di SLB Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016007_DEASERLIFIA_LAELA] Text (SKRIPSI_1603016007_DEASERLIFIA_LAELA)
1603016007_DeaSerlifiaLaela_full skripsi - Dea Serlifialaela.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pendididkan agma Islam pada peserta didik autis di SLB Banjarnegara pada tingkat SDLB. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab atau mendeskripsikan permasalahan tentang bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PAI pada peserta didik autis yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada peserta didik autis, serta factor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan pendidikan agama Islam pada anak pnyandang autis di SDLB Banjarnegara. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan yang dilaksanakan di SDLB Banjarnegara dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penggalian data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanan model pembelajaran PAI pada peserta didik autis di SDLB Banjarnegara sudah berjalan dengan cukup baik karena pembelajaran dilakukan dengan cara daring atau dalam jaringan dan laring atau luar jariangan pada saat wabah corono terjadi. Dalam pelaksanaanya melalui tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup dan evaluasi pembelajaran meliputi ujian lisan yang dilakuan melalui pemberian instruksi sederhana yang sudah disesuaikan dengan kemampuannya sedangkan ujian tertulis dilakukan dengan bimbingan guru dalam memahami soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Peserta didik Autis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 07 Sep 2023 09:58
Last Modified: 07 Sep 2023 09:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20996

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics