Peran guru PAI sebagai role model dalam pendidikan karakter siswa di SD IT Insan Mulia Semarang

Marhan, Marhan (2023) Peran guru PAI sebagai role model dalam pendidikan karakter siswa di SD IT Insan Mulia Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016059_MARHAN] Text (SKRIPSI_1603016059_MARHAN)
1603016059_Marhan_Lengkap Tugas Akhir - Marhan Satu Kata(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Guru adalah sosok penting yang memiliki peran besar dalam pendidikan. Salah satu peran penting dari seorang guru adalah sebagai role model, terutama dalam mewujudkan pendidikan karakter siswa. Salah satu guru yang memegang peran sebagai role model adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI sebagai role model dalam pendidikan karakter siswa di SD IT Insan Mulia Semarang, dan untuk mengetahui karakter yang harus dimiliki guru PAI sebagai role model dalam pendidikan karakter siswa di SD IT Insan Mulia Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Adapun data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui teknik triangulasi, yaitu penggabungan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menarik kesimpulan bahwa peran guru PAI sebagai role model di SD IT Insan Mulia Semarang adalah role model dalam hal menjalankan kewajiban sholat, memberikan nasihat, berinteraksi, dan membangun kebiasaan baik. Adapun karakter yang harus dimiliki adalah memiliki kedekatan dengan para siswa, memiliki kesabaran yang sangat luas, memiliki rasa kasih sayang yang berlimpah, memiliki tutur kata yang baik, dan memiliki sifat religius yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI; Role Model; Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 07 Sep 2023 10:24
Last Modified: 07 Sep 2023 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics