Pengaruh self control dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberslacking pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Tanjung, Fanzira Nur Islani (2022) Pengaruh self control dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberslacking pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016044_Fanzira_Nur_Islani_Tanjung] Text (Skripsi_1807016044_Fanzira_Nur_Islani_Tanjung)
Skripsi_1807016044_Fanzira_Nur_Islani_Tanjung.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Cyberslacking merupakan perilaku yang dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan fasilitas kampus baik melalui wifi kampus atau kuota yang diberikan untuk mengakses berbagai situs yang tidak berkaitan dengan akademik dan dilakukan saat perkuliahan berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris, adakah pengaruh self control terhadap perilaku cyberslacking, adakah pengaruh motivasi belajar terhadap perilaku cyberslacking, dan adakah pengaruh self control dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberslacking.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif analisis regresi berganda yaitu untuk mengetahui hubungan saling mempengaruhi antar variabel serta memprediksi sejauh mana variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan accidental sampling. Sedangkan analisis datanya menggunakan bantuan aplikasi SPSS 18 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji regresi sederhana antara variabel self control dan motivasi belajar memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05 artinya terdapat pengaruh self control terhadap perilaku cyberslacking pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang, lebih lanjut hasil uji regresi sederhana antara variabel motivasi belajar dan cyberslacking memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05 artinya terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap perilaku cyberslacking pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang, dan hasil uji regresi berganda antara self control dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberslacking memperoleh nilai signifikansi 0,00<0,05 artinya terdapat pengaruh self control dan motivasi belajar terhadap perilaku cyberslacking pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Maka semua hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima.

ABSTRACT:
Cyberslacking is a behavior carried out by students using campus facilities either through campus wifi or the quota given to access various sites that are not related to academics and is carried out during lectures.
This study aims to test empirically, is there an effect of self control on cyberslacking behavior, is there an influence of learning motivation on cyberslacking behavior, and is there an influence of self control and learning motivation on cyberslacking behavior.
This study uses a quantitative approach to multiple regression analysis, which is to determine the interplay between variables and predict the extent to which independent variables can effect the dependent variable. The sampling method in this research is using accidental sampling. While the data analysis using the SPSS 18 application for windows.
The results of this study indicate that a simple regression test between self-control variables and learning motivation obtained a significance value of 0.00 <0.05, meaning that there is an influence of self-control on cyberslacking behavior in UIN Walisongo Semarang students, further the results of a simple regression test between learning motivation variables and cyberslacking obtained a significance value of 0.00 <0.05, meaning that there was an influence of learning motivation on cyberslacking behavior in UIN Walisongo Semarang students, and the results of the multiple regression test between self control and learning motivation on cyberslacking behavior obtained a significance value of 0.00 <0, 05 means that there is an influence of self control and learning motivation on cyberslacking behavior in students of UIN Walisongo Semarang. So all hypotheses in this study are declared accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cyberslacking; Self Control; Motivasi Belajar; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Sep 2023 03:51
Last Modified: 09 Sep 2023 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21001

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics