Penerapan electoral governance dalam pengawasan pemilu studi penerapan aplikasi sistem informasi pengawasan pemilu (SIWASLU) Di Pilkada Kota Semarang tahun 2020

Saputra, Andika Prasetyo (2023) Penerapan electoral governance dalam pengawasan pemilu studi penerapan aplikasi sistem informasi pengawasan pemilu (SIWASLU) Di Pilkada Kota Semarang tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016087_Andika_Prasetyo_Saputra] Text (Skripsi_1806016087_Andika_Prasetyo_Saputra)
1806016087_Andika Prasetyo Saputra_FULL SKRIPSI - Andika Saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Teknologi Infomasi saat ini menjadi salah satu organ yang dibutuhkan dalam aspek kehidupan manusia. Dalam diskursus pemilu, penerapan teknologi dalam pengawasan pemilu memberikan manfaat yang besar dalam keakuratan, kecepatan, efesiensi dan keefektifan proses penyelenggara pemilu. Maka kajian ini berfokus pada penerapan electoral governance dalam pengawasan Pilkada Kota Semarang 2020 melalui Siwaslu serta dampak penggunaan Siwaslu dalam pengawasan Pilkada 2020 Kota Semarang.
Pertanyaan penelitian diatas dijawab dengan teori yang dikemukan oleh Mozaffar dan Schedler yaitu teori Electoral Governance. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu penerapan Siwaslu dalam Pilkada Kota Semarang Tahun 2020. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan Anggota Bawaslu Kota Semarang, Dua Panwaslu Kecamatan Kota Semarang, Dua Panwaslu Kelurahan Kota Semarang, Empat Pengawas TPS dan dokumentasi dari Bawaslu Kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan electoral governance dalam pengawasan Pilkada Kota Semarang 2020 menggunakan Siwaslu cukup baik. Pertama, adanya regulasi yang digunakan Bawaslu Kota Semarang baik peraturan perundang-undangan, peraturan turunan baik peraturan KPU dan Peraturan Badan Pengawas Pemilu serta Surat Edaran yang dibuat. Kedua, Bawaslu menjalankan tugas dan wewenangnya berdasarkan regulasi yang ada mulai dari pemilihan stakeholder, melaksanakan sosialiasi dan bimbingan teknik serta pelaksanan pengawasan tahapan pemungutan dan perhitungan suara. Ketiga, Bawaslu menangani pelanggaran yang terjadi pada tahapan pemungutan dan perhitungan suara dengan merekomendasi dan menindaklanjuti berdasar regulasi yang sudah ditetapkan. Dengan adanya tata kelola yang baik maka dampak penggunaan teknologi pada pengawasan penyelenggaraan pemilu menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Electoral Governance; siwaslu; pilkada; Kota Semarang
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:31
Last Modified: 11 Sep 2023 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics