Implementasi program bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) Masa Pandemi Covid-19 : studi antara Desa Margolinduk dan Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun anggaran 2022

Fitriyana, Misrotun (2022) Implementasi program bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) Masa Pandemi Covid-19 : studi antara Desa Margolinduk dan Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun anggaran 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016106_Misrotun_Fitriyana] Text (Skripsi_1806016106_Misrotun_Fitriyana)
1806016106_Misrotun Fitriyana_Lengkap Tugas Akhir - Suja_ ul Khaq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pandemi global yang disebabkan oleh merebaknya wabah virus covid-19 berdampak pada penurunan ekonomi yang sangat signifikan bagi Indonesia. Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk menstabilkan perekonomian masyarakat terdampak dengan meluncurkan program salah satunya BLT-DD yang anggarannya diambil dari dana desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program BLT-DD dengan mengkaji bagaimana pelaksanaan BLT-DD di Desa Margolinduk dan Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun anggaran 2022.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan jenis penelitianya ialah penelitian lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan Donald Van Meter dan Carl Van Horn yang dikontekstualikan dalam pelaksanaan BLT-DD di Desa Margolinduk dan Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun anggaran 2022.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan BLT-DD di Desa Margolinduk masih belum optimal baik dari faktor sumber daya manusia, komunikasi, maupun karakteristiknya. Sedangkan Desa Morodemak diantara enam variabel yang ditawarkan oleh Van Meter dan Van Horn hampir keseluruhan variabelnya terlaksana dengan baik semua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dana desa; BLT DD; Covid 19
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:31
Last Modified: 11 Sep 2023 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21020

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics