Dakwah al-mujadalah KH. Miftah Maulana Habiburrahman pada program Obrolan Realita dan Masalah Hati (ORASI) dalam youtube Gus Miftah official

Mufidah, Annisaul (2022) Dakwah al-mujadalah KH. Miftah Maulana Habiburrahman pada program Obrolan Realita dan Masalah Hati (ORASI) dalam youtube Gus Miftah official. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 15010260008_Annisaul Mufidah_SKRIPSI] Text (15010260008_Annisaul Mufidah_SKRIPSI)
1501026008_Annisaul Mufidah_Tugas Akhir - Annisaul “YW Media” Mufidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama : Annisaul Mufidah, NIM : 1501026008, Judul Skripsi : Dakwah Al-Mujadalah Kh. Miftah Maulana Habiburrahman Pada Program Obrolan Realita Dan Masalah Hati (Orasi) Dalam Youtube Gus Miftah Official.
Metode dakwah terdiri dari beberapa metode, namun secara umum bentuk-bentuk metode dakwah diantaranya adalah metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode silaturahmi, metode drama, metode propaganda dan metode keteladanan (Munir, 2009: 105).
Dakwah tidak hanya dilakukan di mimbar-mimbar, akan tetapi bisa dilakukan dengan cara mendatangi mad’u secara langsung di tempatnya. Pada dasarnya dakwah merupakan sebuah ajakan untuk kembali ke jalan yang benar maka tidak diperlukan atribut-atribut untuk menunjang penampilan, cukup mengenakan pakaian nyaman dan sopan. Mujadalah Billati Hiya Ahsan. Dimana antara mad’u melontarkan pertanyaan sedangkan da’i memberikan jawaban hal tersebut merupakan bagian dari diskusi dan bertukar pikiran, maka metode tersebut sesuai dengan Mujadalah Billati Hiya Ahsan.
Penelitian ini berfokus pada hal penerapan dakwah al-mujadalah KH. Miftah Maulana Habiburrahman pada program Obrolan Realita dan Masalah Hati (ORASI) dalam youtube Gus Miftah Official.
Setelah menganalisis dari video Obrolan Realita dan Masalah Hati penulis menyimpulkan bahwasanya dakwah yang digunakan oleh Gus Miftah adalah Al-Mujadalah jenis As Ilah Wa Ajwibah. Dimana antara mad’u melontarkan pertanyaan sedangkan da’i memberikan jawaban hal tersebut merupakan bagian dari tanya jawab yakni diskusi dan bertukar pikiran, maka dakwah tersebut sesuai dengan metode Al-Mujadalah.
Penggunaan tata bahasa yang campuran antara jawa dan Indonesia membuat hidup pembicaraan karena kaya akan kosakata serta selera humor dari da’i membuat suasana lebih hidup. Akan tetapi tidak semua dapat menerima cara humor dari da’i. Pengilustrasian dalam penyampaian dakwahnya bagian dari memudahkan mad’u dalam menerima pesan dakwah yang ingin disampaikan oleh mad'u. Serta quotes yang menarik serta mengena dihati mad’u menjadi andalan beliau.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah Al-Mujadalah; Program Obrolan Realita Dan Masalah Hati (Orasi); Youtube Gus Miftah Official
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:36
Last Modified: 10 Oct 2023 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21065

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics