Solidaritas sosial komunitas pengendara truk : studi pada komunitas truk Canter Mania Indonesia Community (CMIC) di Kabupaten Pati

Putri, Sucita Andira (2021) Solidaritas sosial komunitas pengendara truk : studi pada komunitas truk Canter Mania Indonesia Community (CMIC) di Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026064_Sucita_Andira_Putri] Text (Skripsi_1706026064_Sucita_Andira_Putri)
Skripsi_1706026064_Sucita_Andira_Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Solidaritas sosial dalam Komunitas Truk CMIC merupakan peran penting untuk menciptakan kesadaran kolektif yang membuat para anggota tergerak untuk mengikuti bentuk-bentuk kegiatan dalam wujud solidaritas sosial. Terbentuknya solidaritas dapat dikarenakan beberapa kesamaan, seperti kesamaan pengalaman dan persamaan perasaan. Dalam hal ini solidaritas menurut Emile Durkheim dibagi menjadi dua, yakni solidaritas mekanik yang identik dengan masyarakat tradisional dan solidaritas organik identik dengan masyarakat modern. Dengan dibedakannya dua solidaritas tersebut, penelitian ini akan menguraikan permasalahan pada bentuk-bentuk solidaritas yang ada di Komunitas Truk CMIC di Kabupaten Pati.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam. Adapun beberapa teknik pengumpulan data, seperti wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian sampai ke analisis yakni sebuah metode mengelola data, mengorganisir, memilah menjadi satu sehingga hasil temuan dapat diceritakan kembali sesuai dengan rumusan masalah.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa solidaritas sosial dalam Komunitas Truk CMIC di Kabupaten Pati adalah cerminan dari solidaritas mekanik. Dengan adanya transformasi realitas sosial yang menyebabkan komunitas ini lebih menekan ke solidaritas mekanik. Hal ini dibuktikan dari beberapa kesamaan pengalaman, persamaan kepercayaan, minimalnya pembagian kerja yang hal itu terdapat dalam solidaritas mekanik. Hanya saja upaya pola interaksi Komunitas Truk CMIC yang lebih mengarah ke era modern untuk memperkuat solidaritas sosial didalamnya, sehingga terbentuklah solidaritas mekanik bentuk baru.

ABSTRACT:
Social solidarity in the CMIC Truck Community is an important role in creating collective awareness that makes members move to participate in other forms of activity in the form of social solidarity. Solidarity can be formed due to similarities, such as experiences and feelings. According to Emile Durkheim, solidarity was divided into two categories: mechanical solidarity, which is identical to traditional society, and organic solidarity, which is identical to modern society. Due to these two distinguished solidarities, this study will describe the issues of the categorized solidarity from CMIC Truck Community at Pati Regency.
This study used qualitative research applied through a narrative descriptive approach to gain in-depth understanding. The data collection techniques are interview, observation, and documentation. Then comes analysis, a method of managing, organizing, and sorting the data into one so the findings can be described following the problem statements.
This research revealed that the solidarity of the CMIC Truck Community at Pati Regency is identified as mechanical solidarity. With the transformation of social reality, this community is leaning toward mechanical solidarity. This finding was supported by the several similarities in experiences, shared beliefs, and minimal division of labor found in mechanical solidarity. Nonetheless, the effort of the CMIC Truck Community interaction pattern is significantly directed into the modern era, strengthening social solidarity and initiating the novel form of mechanical solidarity.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Komunitas Truk; Solidaritas Mekanik
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2023 04:24
Last Modified: 16 Sep 2023 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21075

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics