Produktivitas kerja karyawan perempuan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada usaha laundry di Jakarta Barat

Hidayati, Safira Nurul (2020) Produktivitas kerja karyawan perempuan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada usaha laundry di Jakarta Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_140502053_Safira_Nurul_Hidayati] Text (Skripsi_140502053_Safira_Nurul_Hidayati)
1405026053_Safira Nurul Hidayati_Full_Skripsi - nabiha faza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Potensi usaha laundry saat ini tengah berkembang dengan pesat dan juga hanya butuh hitungan hari untuk mendapatkan modal awalnya kembali. Omzet yang dihasilkan dari usaha jasa cuci pakaian ini juga tidak sedikit. Angkanya bisa menyentuh hingga belasan bahkan puluhan juta. Persaingan industri laundry, jasa yang ditawarkan relatif sama dan perbedaan bisa dibagi pada pelayanannya seperti perlakuan bahan dan waktu mengerjakan laundry. Atas dasar tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang produktivitas kerja karyawan perempuan pada usaha laundry di Jakarta Barat dan untuk mengetahui tentang produktivitas kerja karyawan perempuan pada usaha laundry di Jakarta Barat dalam perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif. Informasi mengenai subyek penelitian didapatkan dari teknik pengumpuan data berupa wawancara, angket, observasi dan dokumentasi yang telah dilakukan terhadap obyek penelitan yaitu pemilik laundry dan karyawan perempuan usaha laundry. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif-analisis.
Hasil penelitian produktivitas kerja karyawan perempuan pada usaha laundry di Jakarta Barat menunjukkan bahwa pertama, kemapuan kreativitas sangat dibutuhkan dalam menjalankan atau mengerjakan pekerjaan, termasuk pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan sangat penting dalam suatu pekerjaan, agar ketika mendapatkan masalah, itu dapat diatasi. Indikator hasil yang dicapai menunjukkan sebagian besar karyawan sudah mencapai hasil kuantitas pekerjaan yang ditentukan oleh perusahaan, dengan semangat yang tinggi produktivitas karyawan mencapai hasil yang lebih baik dari pada waktu yang lalu. Efisiensi produktivitas kerja menunjukkan karyawan perempuan pada usaha laundry di Jakarta Barat ketika diberikan pekerjaan mereka efektif dan efesien dalam menjalankannya. Mutu para pekerja perempuan menunjukkan hasil kerja yang diperoleh cukup terpenuhi oleh kinerja karyawan dan karyawan perempuan usaha laundry di Jakarta Barat memiliki sifat yang optimis untuk bisa selalu menghasilkan kualitas kerja yang baik dibanding dengan rekan kerjanya. Indikator semangat kerja menunjukkan adanya keaktifan karyawan dalam mengeluarkan ide-ide atau pendapatnya untuk kemajuan perusahaan. Kedua, produktivitas kerja karyawan perempuan pada usaha laundry di Jakarta Barat menunjukkan bahwa semangat dan dorongan bekerja merupakan faktor penting pilihan mereka untuk bekerja. Karyawan perempuan pada usaha laundry di Jakarta Barat yang memiliki semangat tinggi dalam bekerja sejalan dengan semangat Islam bahwa kerja sebagai bentuk ibadah dan kontribusi dalam menciptakan kebahagiaan (falah) untuk kehidupannya. Dalam realitas kekinian, perempuan pun telah menunjukan kontribusi dan perannya untuk turut menciptakan produktivitas dalam kehidupan khsususnya dalam bidang ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Produktivitas kerja; karyawan perempuan; ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:08
Last Modified: 19 Sep 2023 03:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics