Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan kolaborasi dan self-efficacy siswa kelas X MIPA MAN 2 Kota Semarang

Alfiyyana, Winda (2022) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan kolaborasi dan self-efficacy siswa kelas X MIPA MAN 2 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086037_Winda_Alfiyyana] Text (Skripsi_1808086037_Winda_Alfiyyana)
Skripsi_1808086037_Winda_Alfiyyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan saat ini menuntut peserta didik untuk memiliki kecakapan-kecakapan pembelajaran abad 21. Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu kecakapan yang mendukung pembelajaran abad 21 belum sepenuhnya dimiliki oleh peserta didik. Salah satu penyebabnya adalah tingkat self-efficacy peserta didik yang juga terindikasi belum memenuhi indikator yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi, pengaruh model project based learning terhadap self-efficacy, serta pengaruh model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi dan self-efficacy. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MAN 2 Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, terbagi atas kelas kontrol dan eksperimen, masing-masing kelas berjumlah 36. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket (kuesioner). Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik multivariate of variance (MANOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian pertama menunjukkan nilai sig. 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi dengan mengalami perubahan sebesar 49.59%, penelitian kedua menunjukkan nilai sig. 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model project based learning terhadap self-efficacy dengan mengalami perubahan sebesar 37.8%, serta penelitian ketiga menunjukkan nilai sig. 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi dan self-efficacy.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Keterampilan Kolaborasi; Self-efficacy; Model pembelajaran; Siswa MIPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:36
Last Modified: 20 Sep 2023 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics