Meta-analisis : model pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA

Privani, Khoirotun Nisa' (2022) Meta-analisis : model pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808086053_Khoirotun_Nisa'_Privani] Text (Skripsi_1808086053_Khoirotun_Nisa'_Privani)
Skripsi_1808086053_Khoirotun_Nisa'_Privani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran abad 21. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa Indonesia masih rendah. Salah satu cara meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian model pembelajaran terhadap berpikir kreatif sudah banyak dilakukan sehingga dilakukan penelitian meta-analisis terkait model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian ‘meta-analisis’ tentang model pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif sehingga didapatkan kesimpulan secara general model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa berdasarkan effect size ditinjau dari model pembelajaran dan materi pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik besaran pengaruh (effect size), dengan perhitungan effect size dengan menggunakan rumus Glass. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model yang dinilai dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan efek paling besar adalah model inkuiri dengan nilai effect size 2,17 dikategorikan sebagai model yang memberikan pengaruh sangat tinggi. Berdasarkan effect size ditinjau dari materi pembelajaran menunjukkan hasil bahwa materi tumbuhan (plantae) dengan model inkuiri tergolong kategori pengaruh sangat tinggi dengan nilai effect size 2,17.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kreatif; Meta-analisis; Model pembelajaran; Biologi; Siswa SMA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:53
Last Modified: 20 Sep 2023 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21123

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics