Studi komparasi efektivitas model group investigation dan children learning in science terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam di MI Tarbiyatul Khairat Kalicari

Azizah, Fitri Nur (2023) Studi komparasi efektivitas model group investigation dan children learning in science terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam di MI Tarbiyatul Khairat Kalicari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903096095_Fitri Nur Azizah_Lengkap] Text (Skripsi_1903096095_Fitri Nur Azizah_Lengkap)
Skripsi_1903096095_Fitri Nur Azizah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi komparasi efektivitas hasil belajar antara model group investigation dan model children learning in science terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pendidikam alam siswa kelas IV di MI Tarbiyatul Khairat Kalicari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Khairat Kalicari. Disamping itu juga untuk mengetahui perbedaan keefektivan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Khairat Kalicari dengan menggunakan model Group Investigation dan Children Learning In Science.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV C MI Tarbiyatul Khairat Kalicari. Jumlah populasi sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas IV A dan 30 siswa kelas IV C. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability purposive sampling dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Pada analisis awal, peneliti meggunakan uji normalitas dan uji homogenitas melalui pretest untuk membuktikan apakah kedua kelas tersebut normal dan homogen. Pada analisis akhir peneliti menggunakan Uji Perbedaan Rata-rata/Uji T.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kedua model tersebut mempunyai perbedaan keefektivan. Model GI mempunyai pengaruh yang lebih baik daripada model CLIS, namun karena soal yang digunakan tergolong low maka perbedaannya pun tidak terpaut jauh.
Kata Kunci: Group Investigation, Children Learning In Science, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi; Group investigation; Children learning in science; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan alam; MI Tarbiyatul Khairat Kalicari
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:12
Last Modified: 21 Sep 2023 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics