Peran kepala madrasah dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di MTsN 4 Kota Surabaya

Lista, Nadiya Eka Fitriya Air (2022) Peran kepala madrasah dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di MTsN 4 Kota Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036101_Nadiya_Eka_Fitriya_Air_Lista] Text (Skripsi_1803036101_Nadiya_Eka_Fitriya_Air_Lista)
Skripsi_1803036101_Nadiya_Eka_Fitriya_Air_Lista.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan figur yang bertanggung jawab dan memiliki kedudukan penting dalam perencanaan pendidikan di madrasah terhadap beberapa penyelenggaraan program madrasah khususnya pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah di MTsN 4 Kota Surabaya yang difokuskan pada gerakan literasi sekolah.
Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan, guru Bahasa Indonesia, siswa di MTsN 4 Kota Surabaya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah MTsN 4 Kota Surabaya menerapkan peran kepala madrasah dalam gerakan literasi sekolah, yaitu peran sebagai educator, manager, leader dan motivator. Di dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah MTsN 4 Kota Surabaya terdapat tiga tahapan yaitu tahapan pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Dalam menyukseskan pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS), kepala madrasah sebagai penentu keberhasilan program membaca dan menulis peserta didik agar berjalan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah; Kepala Madrasah; Gerakan Literasi Sekolah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Sep 2023 10:24
Last Modified: 21 Sep 2023 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21138

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics