Vernakularisasi dalam kitab Alfiyah al-Tauhid karya KH Sholeh Darat

Asror, Muhammad Khozinatul (2022) Vernakularisasi dalam kitab Alfiyah al-Tauhid karya KH Sholeh Darat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604016036_Muhammad_Khozinatul_Asror] Text (Skripsi_1604016036_Muhammad_Khozinatul_Asror)
Skripsi_1604016036_Muhammad_Khozinatul_Asror.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Untuk memudahkan penyebaran islam di tenah nusantara para da’i menggunakan berbagai metode agar mengislamisasi masyarakat nusantara, salah satunya dengan metode vernakulariasi. Dalam penelitian ini penulsi berutujuan untuk melihat vernakulariasi kitab Alifiyah at Tauhid Tajramaha al-Jawiyah al-Mrikiyah yang dilakukan oleh mbah soleh darat untuk menyebarkan islam khususnya di bidang tauhid kepada masyarat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodelogi kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Artinya data yang dapat dalam penelitian ini berasal dari sumber-sumber dari berbagai buku-buku, jurnal, artikel, dan literatur ilmiah lainnya. Setelah itu data diolah dan pilah-pilah agar relevan dengan penelitian ini. Langkah terakhir adalah dilakukan analisa, lalu hasilnya ditulis dalam bentuk deskriptif.
Hasilnya metode vernakularisasi yang dilakukan oleh Kiai Soleh Darat dalam karyanya adalah metode harfiyah yaitu metode yang menerjemahkan satu persatu bahasa arab ke dalam bahasa jawa ngoko, dengan penyerapan seperti kata sabar, doa, dan lain-lain. Kiai Soleh Darat juga menggunakan kata pengeran kepada Allah dan kata kanjeng kepada Nabi Muhammad SAW untuk. Penggunaan kata pangeran kepada Allah dan Kanjeng kepada Allah SWT dan Nabinya, dipengaruhi oleh budaya sebagai penghormatan kepada Allah dan Nabinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Vernakularisi; Tauhid; Kitab Alfiyah al-Tauhid; KH. Sholeh Darat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.21 God and spiritual beings > 297.211 God / Allah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:41
Last Modified: 22 Sep 2023 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21150

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics