Perancangan balai kreativitas di desa dengan pemanfaatan material lokal

Kholik, Nur (2022) Perancangan balai kreativitas di desa dengan pemanfaatan material lokal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804056029_Nur_Kholik] Text (Skripsi_1804056029_Nur_Kholik)
Skripsi_1804056029_Nur_Kholik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Balai kreativitas yang konsepnya serupa dengan Creative Center adalah bangunan yang digunakan untuk para seniman dan juga para pelaku industri kreatif untuk mengeksplore skill dan keilmuan yang dimiliki serta sebagai tempat fasilitas yang di sediakan oleh pemerintah untuk masyarakat agar digunakan dengan sebagaimana fungsi dan tujuannya, sekaligus bisa berbagi secara langsung dengan para peminat yang ingin belajar tentang keilmuan yang beralokasi pada kreativitas seseorang yang bisa dijadikan profesi. Hal ini marak terjadi di era digital yang dimana profesi seseorang tidak lagi sebagai seorang petani, pengusaha, maupun guru.
Meski tergolong baru, profesi yang berasal dari hobi ini di era digital cukup menggiurkan dengan apa yang dihasilkan. Mengandalkan keahlian yang dibantu oleh teknologi dan kreativitas seseorang, profesi tersebut tergolong asik dan seru jika dijalani, karena hobi yang dijadikan profesi itu rasanya tidak seperti bekerja, terkadang serasa bermain-main tapi menghasilkan.
Hal inilah menjadi ide gagasan dalam perancangan balai kreativitas, yang dimana tempatnya berada di pedesaan, kenapa tidak di kota? Karena sudah seharusnya insfrastruktur kini tak lagi hanya dirasakan oleh masyarakat perkotaan, di desa juga harus bisa merasakan apa saja kemajuan arus informasi dan teknologi yang sudah jadi ketimpangan sosial antara masyarakat kota dan desa. Dengan adanya balai kreativitas yang berlokasi di desa, diharapkan bahwa desa-desa di pelosok Indonesia kini tak lagi tertinggal dari segala bidang keilmuan dengan kota-kota besar.
Untuk mencapai desain bangunan yang tepat sasaran, maka dilakukan analisis terhadap budaya, kegiatan masyarakat, sumber daya alam dan manusia, serta potensi-potensi lain yang bisa diangkat untuk dijadikan ikon dari perancangan bangunan balai kreativitas ini, serta kesiapan SDM para pemuda dan masyarakatnya untuk bisa mengeksplore dirinya dan apa yang ada di desanya, untuk dijadikan nilai jual bagi dirinya ketika bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perancangan; Balai kreativitas; Material lokal
Subjects: 700 The arts > 720 Architecture > 725 Public structures
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 23201 - Ilmu Seni dan Arsitektur Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:56
Last Modified: 22 Sep 2023 09:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21157

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics