Evaluasi bimbingan manasik haji sepanjang tahun oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangtengah Demak tahun 2021

Nisa, Alfi Khiyarotun (2022) Evaluasi bimbingan manasik haji sepanjang tahun oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangtengah Demak tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701056012_Alfi_Khiyarotun_Nisa] Text (Skripsi_1701056012_Alfi_Khiyarotun_Nisa)
Skripsi_1701056012_Alfi_Khiyarotun_Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja atau produktifitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui evaluasi ini akan diperoleh informasi tentang apa yang telah dicapai dan apa yang belum dicapai. Bimbingan manasik haji sepanjang tahun ini sudah merupakan bagian dari pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jamaah haji yang menjadi salah satu tugas pemerintah sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 08 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa problematika bimbingan manasik haji sepanjang tahun oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangtengah Demak Tahun 2021 dan bagaimana evaluasi bimbingan manasik haji sepanjang tahun oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangtengah Demak Tahun 2021.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja problematika pelaksanaan bimbingan manasik haji sepanjang tahun oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangtengah Demak Tahun 2021 dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pelaksanaan bimbingan manasik haji sepanjang tahun oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangtengah Demak Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan manajemen. Data yang diperoleh melalui sumber tertulis. Penelitian lapangan; yaitu teknik pengumpulan data dengan metode observasi (pengamatan langsung), dan wawancara dengan pimpinan KUA dan staf/pembimbing manasik haji sehingga mendapatkan data-data yang akurat yang dibutuhkan dalam proses penelitian.
Dari hasil penelitian ini problematika yang terjadi yaitu Latar belakang calon jamaah haji yang berbeda-beda, Pengorganisasian materi bimbingan belum maksimal, Keterbatasan media sarana dan prasarana untuk melaksanakan bimbingan manasik haji, Anggaran untuk melaksanakan kegiatan bimbingan manasik haji tidak turun sampai akhir tahun, Rasio jumlah pembimbing tidak sebanding dengan jumlah jamaah, Bimbingan masih bersifat massal, Ketidak tersediaan waktu yang cukup untuk menyampaikan materi bimbingan kepada jamaah. Evaluasi yang dilakukan KUA dalam mengatasi problematika manasik haji dengan cara, melakukan perencanaan yang baik, membuat regulasi yang jelas dan harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 08 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji, karena ketika pelaksanaan pembimbing bisa memiliki pegangan ketika memberikan bimbingan, monitoring dan evaluasi ketika pelaksanaan dilaksanakan dan selesai dalam menilai kegiatan manasik haji dianggap sukses.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Bimbingan Manasik Haji; Kantor Urusan Agama (KUA)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Sep 2023 02:46
Last Modified: 23 Sep 2023 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics