Strategi fundraising dana zakat lembaga amil zakat Al-Ihsan Jawa Tengah tahun 2022

Afifudin, Ahmad (2023) Strategi fundraising dana zakat lembaga amil zakat Al-Ihsan Jawa Tengah tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi-1605026138_Ahmad_Afifudin] Text (Skripsi-1605026138_Ahmad_Afifudin)
1605026138_Ahmad Afifudin_Full_Skripsi - Ahmad afifudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di dunia. Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Hal tersebut dapat mendorong potensi seluruh kegiatan Islam dalam hal ibadah terutama zakat. Namun hal tersebut masih jauh dari total potensi zakat di Indonesia meski mengalami kenaikan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menghimpun dana zakat yang dilakukan Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jawa Tengah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu peneliti melihat sudut kualitas dari obyek penelitian ini. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan menghimpun dana. Pengumpulan data penelitian, peneliti telah melaksanakan wawancara, observasi maupun pengumpulan dokumentasi sebagai pelengkap dalam penelitian ini. Isi pokok pembahasan penelitian ini adalah strategi fundraising penghimpun dana zakat pada Lembaga Amil Zakat al ihsan jawa tengah dengan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah dalam melakukan fundraising adalah melakukan edukasi zakat, membuat proposal, menyediakan konter zakat, dan melakukan digital fundraising. Berdasarkan analisis SWOT faktor kekuatan yang dimiliki yaitu Legalitas sebagai lembaga amil zakat provinsi, memiliki cabang yang cukup banyak, kompetensi amil dalam menghimpun dana, transparansi program dan laporan keuangan, dan memiliki platform donasi online. Sedangkan sisi kelemahannya yaitu program ciri khas lembaga, pengembangan SDM yang berkelanjutan, kestabilan capaian, sarana dan prasarana, monitoring kualitas kinerja di kantor layanan dan manajemen database muzakki. Berdasarkan analisis metrik SWOT strategi penghimpunan dana zakat di Lembaga Amil Zakat AL-Ihsan Jawa Tengah berada pada titik koordinat (0,58 ; 0,60) pada kuadran I.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; lembaga amil zakat; strategi pengelolaan; fundraising zakat.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Sep 2023 04:30
Last Modified: 23 Sep 2023 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21173

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics