Strategi promosi sekolah berbasis ciri khusus di SMK Muhammadiyah 1 Semarang

Rosalino, Zelina (2023) Strategi promosi sekolah berbasis ciri khusus di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036001_Zelina Rosalino_Lengkap] Text (Skripsi_1903036001_Zelina Rosalino_Lengkap)
Skripsi_1903036001_Zelina Rosalino_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Strategi promosi ciri khusus adalah rencana yang telah dirancang untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program dan keahlian yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sekolah dalam memajukan sekolah berbasis keistimewaan di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan juga menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan bentuk dan mekanisme strategi yang digunakan SMK Muhammadiyah 1 Semarang dalam mempromosikan sekolah adalah penerapan bauran promosi yang meliputi: advertising, sales promotion, personal selling dan public relation. Dalam periklanan (advertising) SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggunakan media cetak seperti brosur, spanduk, kalender kemudian media elektronik seperti TVMU, dan juga media sosial seperti: Youtube, Instagram, Facebook, website sekolah, tiktok. SMK Muhammadiyah melakukan promosi penjualan (sales promotion) dengan penjaminan mutu lulusan, program unggulan, prestasi sekolah, sarana dan prasarana, untuk penjualan pribadi (personal selling), sekolah menawarkan metode pembelajaran, media dan atraksi guru, dan program ekstrakurikuler. Kemudian untuk hubungan masyarakat (public relation): komunikasi guru dengan orang tua siswa, membuka kerjasama dengan lembaga dan melibatkan masyarakat dalam beberapa kegiatan. Adapun faktor pendukung dan penghambat yang terdapat dalam memajukan SMK Muhammadiyah 1 Semarang adalah 1) faktor pendukung pemahaman media digital oleh berbagai pihak, program dan juga hubungan kerjasama yang baik dengan masyarakat baik di lingkungan sekolah maupun lembaga lain, sedangkan faktor penghambatnya adalah SDM tim media masih terbatas hanya (4 orang), dana untuk kegiatan promosi, efektifitas waktu terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Promosi; Ciri khusus
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:41
Last Modified: 10 Oct 2023 10:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21188

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics