Pengelolaan alokasi dana desa (ADD) perspektif ekonomi Islam pada Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Ma’arif, Yahya Nurya (2023) Pengelolaan alokasi dana desa (ADD) perspektif ekonomi Islam pada Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026179_Yahya_Nurya_Ma’arif] Text (Skripsi_1605026179_Yahya_Nurya_Ma’arif)
1605026179_Yahya_Nurya_Ma_arif_Full_Lengkap Tugas Akhir - Yahya NM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisa pengelolaan Alokasi Dana Desa dari perspektif ekonomi Islam. Yang dilatar belakangi bahwa keterbatasan kemampuan sumber daya manusia yang memiliki peran dalam pengelolaan alokasi dana desa. Dari pengalokasian alokasi dana desa yang ada di Desa Karangsari tidak nampak adanya pembiayaan yang berimplikasi pada pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan-pelatihan dalam usaha produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Upaya Peningkatan Pembangunan dan mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Karangsari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tanggapan pemerintah desa dan masyarakat tentang pengelolaan alokasi dana desa. Sedangkan data sekunder berupa data tentang rincian kewenangan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten kepada desa dan kewenangan lainnya yang telah ada pada desa, data tentang keadaan umum lokasi penelitian mencakup keadaan geografis, demografis, dan data lainnya yang diperoleh dari, BPS, kecamatan, desa dan instansi lain yang terkait. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penelti gunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu proses yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bawah Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Peningkatan Pembangunan di Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Di tinjau dari perspektif ekonomi Islam, dalam tahapan Perencanaan, Pelaksanaan dan pertangungjawaban yang ada di Desa Karangsari masih belum mengikuti prosedur di dalam ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dana desa; ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:52
Last Modified: 25 Sep 2023 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21194

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics