Strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari Kendal

Zaman, Fajar Badruz (2023) Strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903036076_Fajar Badruz Zaman_Lengkap] Text (Skripsi_1903036076_Fajar Badruz Zaman_Lengkap)
Skripsi_1903036076_Fajar Badruz Zaman_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pemerintah memudahkan perijinan dalam mendirikan sebuah lembaga pendidikan baru menjadikan persaingan antara lembaga pendidikan semakin ketat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari diawali dengan rapat bersama untuk membentuk panitia PPDB, kemudian menyusun perencanaan pemasaran pendidikan yang meliputi, penetapan tujuan, identifikasi pemasaran, produk yang ditawarkan, metode pemasaran dan anggaran pemasaran. 2) Pelaksanaan strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari dilakukan dengan memberikan produk pendidikan yang terbaik, melakukan pelaksanaan pemasaran, strategi khusus dan penanggung jawab 3) Evaluasi strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari dilakukan setiap akhir tahun pelajaran. Hasil pemasaran produk pendidikan menyatakan bahwa MTs Al Islam Rowosari terdapat peningkatan peserta didik pada tahun ini mereka mengetahui informasi tersebut melalui tokoh masyarakat. Upaya strategi pemasaran untuk ke depannya yaitu akan terus meningkatkan kepercayaannya yang tidak hanya pemasaran melalui digital dan konvensional, akan tetapi bisa menggunakan media yang lebih bagus efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran Produk Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:22
Last Modified: 26 Sep 2023 01:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21204

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics