Manajemen ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) di SMK Bina Negara Gubug Kab.Grobogan

Rahayu, Maya Puji (2023) Manajemen ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) di SMK Bina Negara Gubug Kab.Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_903036105_Maya Puji Rahayu_Lengkap] Text (Skripsi_903036105_Maya Puji Rahayu_Lengkap)
Skripsi_903036105_Maya Puji Rahayu_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan menurunnya antusias siswa mengikuti program ekstrakurikuler BTA. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler BTA di SMK Bina Negara Gubug? 2) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler BTA di SMK Bina Negara Gubug? 3) Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler BTA di SMK Bina Negara Gubug?
Sumber data diperoleh dari sekolah tersebut, dengan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berikut adalah temuan peneliti berdasarkan analisis data yang telah dlakukan : 1) Perencanaan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) dilakukan dengan menyusun RPP dan silabus pembelajaran, menetapkan tujuan, menentukan sasaran kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan. 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler BTA dilakukan dengan menetapkan target, menyiapkan lat-alat yang diperlukan, dpelaksanaan ekstrakurikuler dihari sabtu. 3) Evaluasi program ekstrakurikuler BTA dilakukan dengan penilaian, dengan hasil evaluasi yaitu masih ada beberapa anak sekitar 5 orang yang belum dapat membaca Al-Qur'an sesuai dengan tajwid nya. Hasil pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah setelah program dievaluasi yaitu dengan mengambil tindakan mengembangkan program ekstrakurikuler BTA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakurikuler; Baca tulis Al-Qur'an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:53
Last Modified: 26 Sep 2023 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21207

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics